SIKAP DAN PERUBAHAN FUNDAMENTAL DALAM
MENGADOPSI KEDAYAGUNAAN
SISTEM INFORMASI BERBASIS JEJARING

(network based)
disusun oleh: Ir. Jafar Basri MSc




7. Penutup.


Kesimpulan dan saran dari uraian-uraian ini dapat dikemukakan sebagai berikut :

  1. Hubungan organisasi berbasis jejaring sudah berada dalam tatanan penggiatan organisasi saat ini. Sikap dan penyesuaian paradigma perlu dilaksanakan karena memiliki aturan dan kiat yang secara fundamental berbeda dengan cara lama. 
  2. Hubungan jejaring akan berdaya guna bila setiap pelaku dimudahkan dengan akses hubungan berlandaskan perangkat komputer serta kemudahan akses terhadap jaringan lokal maupun global. 
  3. Penyesuaian terutama terletak pada proses ketimbang fungsi. Semua pihak dalam tatanan jejaring memiliki kepentingan yang saling mengisi dan dalam tatanan hubungan, terpusat pada seorang fasilitator. 
  4. Organisasi jejaring secara logikal menata organisasi menjadi bentuk datar. Struktur hirarkhis lama tetap dapat dipertahankan dengan penyesuaian, namun setiap pengambil keputusan perlu menyadari bahwa fungsinya terutama memberdayakan dan menaikkan motivasi personil ketimbang mengendalikan dan mengawasi. 
  5. Bentuk organisasi jejaring sesuai dengan tuntutan perkembangan dimana keterbukaan dan transparansi menjadi kebutuhan tatanan dunia baru. 
  6. Hubungan jejaring sudah merambat kekawasan global melalui internet sehingga penghayatan terhadap kiat-kiat hubungan berbasis jejaring mendapatkan perhatian agar optimasi dari manfaatnya dapat diperoleh. 
  7. Dampak negatip dari hubungan global adalah konsekwensi yang perlu dihadapi dan secara akademis melalui berbagai upaya penanggulangan harus diimbangi sehingga pengaruh negatipnya dapat dikendalikan. Penyatuan berbagai sumber daya dalam wadah yang informal utuk pembahasannya adalah salah satu upaya yang bermanfaat. 
  8. Kiaranya peningkatan peran Regulator yang proaktip dalam menciptakan iklim komunikasi yang baik diantara berbagai pelaku seperti pihak Regulator sendiri, Produser, dan Konsumer serta pihak Pendidikan dapat terwujud secara serasi. Pertukaran wawasan diantara pemikir-pemikir dan profesi serta para praktisi kiranya akan meningkatkan nilai tambah yang berdaya guna. Kebijaksanaan Nasional dibidang ini merupakan dambaan yang diharapkan semua pihak. Dengan cara ini terwujud pula salah satu hubungan jejaring yang bermanfaat. 


kembali ke indeks