SIKAP DAN PERUBAHAN FUNDAMENTAL DALAM
MENGADOPSI KEDAYAGUNAAN
SISTEM INFORMASI BERBASIS JEJARING

(network based)
disusun oleh: Ir. Jafar Basri MSc




6. Beberapa pandangan.


Secara umum, sikap fundamental dalam menyambut dimensi baru yaitu tatanan jejaring telah digelar. Terhadap jejaring global internet pandangan berikut dikemukakan. Sisi positipnya tidak sedikit, namun yang perlu diwaspadai adalah sisi negatipnya. Ada dua titik perhatian utama menyangkut sisi negatipnya yaitu:
  1. Akses informasi yang dapat mengganggu tatanan kehidupan di Indonesia. Informasi ini adalah aspek Ipoleksosbud dan Hankam. Terdapat metoda teknis untuk memblokir salah satu sumber informasi yang dapat mengganggu tersebut berkat konfigurasi sistem internet yang ditata kedalam alamat-alamat kawasan secara geografis, sehingga lalu-lintas masuk-keluar melalui satu pintu, dan dikelola oleh Indosat. Karena yang dijaga pintunya terhadap sumber informasi dan bukan informasi serta datanya sendiri, maka masih terdapat kele-mahan. Sekalipun demikian cara ini menyuntikkan tambahan kesulitan sehingga mempengaruhi minat akses terhadap data dan informasi yang tidak kita inginkan menganggu tata kehidupan normal kita. 
  2. Memperbanyak penyedia informasi di Indonesia sebagai acuan pembanding. Kwalitas dan cara penyajiannya perlu diperhatikan karena bila tidak, hasilnya justeru akan memukul kembali atau informasi luar seolah mendapatkan penguatan. 
  3. Yang perlu mendapatkan perhatian adalah penyesuaian diri kita menghadapi hubungan jejaring global ini. Transparansi dan keterbukaan kedalam perlu mendapatkan penekanan. Birokrasi yang mengganggu perlu dikurangi secara bertahap sampai batas yang paling memungkinkan. 
  4. Untuk dapatnya memperoleh hasil-hasil yang merata, maka komunikasi dan hubungan antar berbagai pihak perlu diwujudkan. Kelompok-kelompok kepentingan khusus terdiri dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta perlu dibentuk untuk menelusuri secara akademis permasalahan ini. Sekarang telah ada rintisan kesana dan pola ini perlu ditingkatkan. Issue EDI, ISDN, dan Internet serta lainnya telah memberikan petunjuk yang melegakan bahwa kita berjalan pada jalur arah yang benar. 


kembali ke indeks