SIKAP DAN PERUBAHAN FUNDAMENTAL DALAM
MENGADOPSI KEDAYAGUNAAN
SISTEM INFORMASI BERBASIS JEJARING

(network based)
disusun oleh: Ir. Jafar Basri MSc
n




5. Jejaring global (global network).

D
alam penerapannya yang lebih luas kita dapat melihat kepada hubungan jaringan global. Disini maka semua aspek dari kegiatan yang diuraikan terdahulu dapat terlihat secara makro dan global. 
Jejaring global seperti Internet misalnya dapat memberikan manfaat berikut :
  1. Akses berbagai data dari penyedia informasi yang tersebar diberbagai lokasi. Disini informasi termasuk kategori data karena perlu diolah lagi bagi kepentingan organisasi. Penyedia informasi cukup banyak dan bervariasi menurut orientasi kepentingan. Mulai toko elektronis, sumber pengetahuan dan teknologi, berita aktual, masalah budaya, dll.nya sampai pada hiburan dan pornografi. Sebagai data, nilai gunanya sangat tergantung kepada pemakai masing-masing. Kecuali internet ada Compuserve, Prodigy, America On-Line, dll.nya, semuanya juga dapat diakses melalui internet. Individual secara bebas dapat pula berlangganan kejaringan global dan mengakses setiap saat data dari jaringan ini. 
  1. Sarana internet dipakai sebagai media untuk meme-nuhi kepentingan organisasi. Dalam hal ini dapat dibagi lagi kedalam : 
    1. Pemanfaatan internet sebagai media komuni-kasi untuk hubungan in-tra organisasi yang ter-pencar-pencar lokasinya secara geografis. Dapat juga antar organisasi yang berbeda untuk re-lasi bisnis atau lainnya. Disini nilai informasi menonjol dan semua 
      kiat perkembangan era-1 sampai dengan era-5 berlaku. Server induknya yang disebut World Wide Web adalah tempat pool data yang menerima dan melayani proses hubungan ini. 
    1. Pemanfaatan internet sebagai penyampai informasi. Organisasi bertindak sebagai penyedia in-formasi. Profil organisasi atau kepentingan lain dapat disebarkan kepihak luar dengan peman-faatan jejaring internet. Homepage ada-lah istilah yang dipakai untuk kepentingan ini. Gambar 7 menggelarkan hubungan antar perusahaan, sedangkan gambar8 memperlihatkan hubungan jejaring internasional yang 
      demikian banyak dan majemuk menghubungkan berbagai kantor dan kota didunia untuk memenuhi kepentingan berbagai pihak. Dunia sudah terjalakan dalam hubungan jejaring yang majemuk. 


kembali ke indeks