SIKAP DAN PERUBAHAN FUNDAMENTAL DALAM
MENGADOPSI KEDAYAGUNAAN
SISTEM INFORMASI BERBASIS JEJARING

(network based)
disusun oleh: Ir. Jafar Basri MSc




2. Pertumbuhan pemenuhan kebutuhan sistem informasi.


Administrasi dan manajemen serta otomasi perkantoran paling dominan mewakili pertumbuhan sistem informasi. Sistem informasi manajemen, sistem dukungan keputusan, sistem informasi eksekutip, semuanya bersifat terbuka. Dari sistem manual ke sistem komputerisasi, pembudayaan terjadi secara relatip perlahan. Pada era ini (sebutkan era-1) aplikasi umumnya berdiri sendiri-sendiri. Prosesnya adalah batch. Data base kemudian muncul untuk mamadukan. Aplikasi fungsional yang berjalan sendiri-sendiri kehilangan nilai keterpaduannya. Terasakan terutama ditingkat atas manajemen. Sistem terpusat kemudian beralih ke-sistem tersebar. Sebutkan ini era-2. Era-2 membawa beberapa perubahan fundamental. Pemakai, akhirnya dapat mengendalikan data dan informasinya sendiri. Kebutuhan komunikasi data menjadi kebutuhan penting. Datangnya komputer personal menyempurnakan kebebasan pihak pemakai. Konsep LAN berbasis jejaring muncul sebagai solusi baru apalagi setelah kecepatan olah dan ruang-simpan bertambah. Lahirlah Client/Server. Kita namakan saja era-3. Banyaknya jenis komputer menyebabkan timbul kebutuhan sistem terbuka atau open system. Beri nama era-4. Dari LAN berkembang kearah Wide Area Network (WAN). Era-5 pun dimasuki dimana arsitektur teknologi tambah majemuk dan mengglobal. Internet lalu menjadi pembicaraan semua orang. 
Dikehidupan sehari-hari kita pantau perkembangan didunia bisnis yang terjadi sebagai akibat hubungan berbasis jejaring sebagai berikut :
  1. Arus kas dari banyak badan usaha serta instansi sudah mengandalkan pada jejaring dalam pengertian bahwa transaksi keuangan terjadi secara jejaring (on-line).
  2. Pertukaran Data Elektronis (EDI= Electronic Data Interchange) makin manjadi norma hubungan bisnis.
  3. Teknologi Citra (image technology) dengan Satuan Antar-muka Grafis (graphical unit interface) menjadi kebutuhan utama.
  4. Point of Sales dan Pembayaran Elektronis mencadi salah facet utama dari pelayanan.
  5. Kegiatan kerja tersebar dan reorganisasi adalah lumrah.
  6. Kegiatan kerja makin bebas terhadap waktu dan lokasi.
  7. Kemitraan kerja melalui sarana elektronis menjadi suatu yang baku.
  8. Risiko teknologi menjadi risiko kehidupan organisasi.
  9. Sumber data sendiri menjadi perpanjangan lengan dari sumber data pihak lain dan sebaliknya.
  10. Perkembangan ditempat lain cepat sekali menjalar ketempat sendiri.
Kecuali no.3 seluruh keadaan yang tertera diatas terlaksana berkat hubungan jejaring (network). Teknologi Informasi sekarang sudah didominasi oleh hubungan berbasis jejaring. Setiap era punya kiat pendekatan tertentu disamping kesamaan-kesamaan yang terkandung dalam semua era. Beberapa diantara kiat-kiat dasar itu cukup fundamental sifatnya. 



kembali ke indeks