<Jafar Basri>

Jafar Basri, lahir di Ternate (Maluku Utara), menyelesaikan pendidikannya di ITB Elektroteknik jurusan Teknik Telekomunikasi tahun 1961, dan sejalan Undang-undang pembelaan negara, membaktikan dirinya di TNI-AL dengan pangkat Letnan Satu. Berbagai pendidikan dan jabatan telah dikenyam dilingkungan TNI-AL dan ABRI, a.l.: pendidikan spesialis Radar dan Fire Control di Rusia, Computer dan Informatiom System di Naval Postgraduate School, Monterey, USA, dimana S2 diperolehnya. Selanjutnya, Project Planning and Control serta Value Engineering dan juga International Defence Management Course bagi Flag Officers.

Semua ini di Amerika Serikat dilingkungan US Army dan US Navy. Di New Zealand juga mengikuti On the Job Training pada NZ Dept. of Defence, dan di Inggris pada Univac Education Center untuk Computer Data Base Design and Programming. Pendidikan Sesko ABRI bagian Laut diikutinya pada tahun 1977/1978.

Jabatan yang pernah dipangku pada masa-masa sebelum selesai bhaktinya di ABRI adalah Kepala Pusat Informasi dan Pengolahan Data dengan pangkat Laksamana Pertama TNI, dan terakhir sebagai Staf Ahli Pangab bidang Kesra dengan Pangkat Laksamana Muda TNI. Setelah pensiun, bergabung dengan PT NVPD Soedarpo Corporation dengan jabatan Direktur. Pengalaman lain yang pernah dijalaninya adalah menjadi Dekan Akademi Teknik Surabaya dan Pembantu Dekan-3 Fakultas Teknik Elektro ITS. Penceramah pada Sesko TNI-AL, Sesko TNI-AU dan Seskogab semasa masih aktif dan sampai sekarang masih sebagai Dosen pada Program pendidikan Pusat Manajemen Hankam. Di Jakarta juga membina Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) sebagai Ketua Umumnya sampai tahun 1992, dan President South East Asia Regional Computer Confederation (SEARCC) pada tahun 1991-1992.

Di bidang pendidikan juga membantu Kopertis Wilayah-III untuk memimpin panitia ujian negara program studi komputer yang masih dijalaninya sampai sekarang, sedangkan National Computing Centre (NCC) di Inggeris juga mempercayakannya sebagai NCC Moderator for Indonesia. Di Badan Kerjasama Otomatisasi Adminstrasi Negara (Bakotan) duduk sebagai anggauta dan juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Aplikasi Komputer.

Atas beberapa prestasinya ini Jafar Basri dianugerahi sebagai salah satu dari "10 Pioneers of Computing" oleh majalah "Computer World" tahun 1992. Hal ini tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang bersangkutan. untuk dapat muncul sebagai wakil Indonesia diantara 9 rekan lainnya dari negara-negara Asean serta Hongkong. Kemasan Organisasi Jejaring merupakan budaya yang sudah diterima di Soedarpo Corporation dan digelarkannya untuk dipakai sebagai pegangan bagi pihak intern Soedarpo. Seandainya konsep pemikiran ini dapat dimanfaatkan oleh pihak lain, maka tentu hal ini akan menambah kebahagiaan Soedarpo Corporation. Semoga cita-cita ini mencapai tujuannya.

Pada LAN/BAKOTAN Jafar Basri pernah membantu memimpin beberapa konsep-konsep strategis dalam bidang Sistem Informasi serta beberapa konsultasi bagi lembaga-lembaga pemerintah dalam jasa pelayanan konsultasi profesi dari Bakotan. Beberapa diantarnya adalah pada Bank Indonesia, Kejaksaan Agung, EDI dan kerjasama dengan luar negeri. Dalam rangka ini a.l. ikut mempersiapkan dan menyajikan konsep tentang Status

Teknologi Informasi di Indonesia pada seminar-seminar (Eastern Regional Organization for Public Adminsitration) di luar negeri. Pada saat ini Jafar Basri menjabat sebagai Pembantu Rektor-I UPN "Veteran" Jakarta, dan aktip dalam meningkatkan bahasa Inggeris dan penggunaan komputer dalam program-program baru. Bahasa Jepang juga menjadi salah satu upaya ybs. terutama dengan melihat kepada perkembangan baru hubungan Indonesia dengan Jepang.

Bahasa Jepang menjadi salah satu kegiatan program di UPN "Veteran" Jakarta. Dalam rangka ini beberapa saat yl. Jafar Basri diundang ke Jepang dalam rangka Japan Society for Promotion of Scientce (JSPS) dan memberikan presentasi tentang "Status of Shipbuilding industry in Indonesia", di University of Hiroshima. Kerjasama dengan Universiteit Arnhem en Nijmegen dari negeri Belanda serta dengan Michigan State Universisity saat ini juga menjadi binaannya. Jafar Basri juga diminta untuk duduk didalam tim Y2K nasional, dan saat ini memimpin tim pelaksana Y2K dari LAN dibawah supervisi dari Bappenas dan Bank Dunia.

Dalam kaitan ini, ikut juga duduk sebagai tim konsultan Y2K pada Kelompok Kerja Penaggulangan MTK-2000 nasional dibawah pimpinan Menteri Perhubungan. Dengan Bappenas juga duduk sebagai anggauta Steering Committee dalam penyusunan Konsepsi National IT Framework.***




copyright © 1997 PInter Indonesia.