Tips
OVEN. Oven seringkali dilekati oleh lemak. Untuk membersihkannya, taburilah garam saat oven masih dalam keadaan panas. Setelah oven dingin, sikatlah dengan sikat kasar. Bagian dalam oven microwave dapat dibersihkan tanpa menggoreng lapisannya. Caranya: bubuhkan sedikit bikarbonat soda yang telah halus diatas sepon lembab dan gosokkan.

OVEN. Oven yang dipergunakan memanggang bahan makanan yang memercikkan minyak akan dilekati noda-noda. Untuk menghilangkannya, letakkanlah mangkok datar yang diisi dengan air dan amoniak. Selanjutnya, cuci oven tersebut keesokannya dengan air sabun panas yang dibubuhi beberapa tetes cuka.

SAYUR SOP. Agar sop dapat kental berilah parutan kentang halus dengan serpihan kentang siap pakai.

SAYURAN. Agar sayuran yang akan dimasak tetap segar sebelum dimasak, jika tidak ada lemari es, gunakan dandang. Setelah sayuran dicuci, masukkan kedalam dandang yang berisi air dingin dan tutup rapat-rapat. Sayur akan tetap segar walau udara diluar dandang cukup panas.

ABON IKAN ASIN. Ikan asin goreng yang tersisa masih dapat dimanfaatkan sebagai lauk makan. Ikan asin sisa ditumbuk sampai halus lalu masukkan bumbu penyedapnya dan goreng sampai berwarna kecoklat-coklatan.

Merebus daun singkong. Cara mendapatkan rebusan daun singkong yang lezat dan berwarna hijau segar adalah sebagai berikut : rebus panci air (cukup hingga daun singkong bisa terendam) kemudian masukkan garam dapur 1 sdt. setelah mendidih masukkan daun singkong yang telah dicuci bersih dan biarkan panci tertutup. Balik-baliklah agar matangnya merata. Setelah matang angkat dan tiriskan. (Dyah Erlinawati)

PERKEDEL DAGING. Terkadang perkedel terasa kering. Untuk menghilangkan rasa kering ini, tambahkan sebuah kentang yang diparut atau dengan menambahkan seperempat cangkir air dingin.

PERKEDEL JAGUNG. Agar memperoleh rasa gurih, manis dan empuk pada perkedel jagung, bubuhilah parutan buah wortel ke dalam adonan kemudian barulah digoreng.

      KOMPOR GAS. Saat menghidupkan kompor gas dengan korek api, biasakanlah untuk menyalakan koreknya lebih dahulu baru setelah itu nyalakan kompornya.

ABON AYAM. Opor ayam yang tersisa kering terbuang percuma padahal, masih dapat dimanfaatkan sebagai makanan yaitu menjadi abon ayam. Caranya, angkat daging ayam dari kuah opor lalu bersihkan. Pisahkan daging dari tulangnya dan tumbuk dalam lumpang sampai lumat. Masukkan tumbukan daging ayam tersebut ke dalam opor lalu masak diwajan hingga mengering dan berwarna kecoklat-coklatan. Sekarang sisa opor ayam dapat dimakan sebagai abon yang lezat.

Kotoran udang yang bau. Saat kita menyiangi udang kotoran yang dihasilkan (kepala, buntut, kulit) akan menghasilkan bau yang tidak sedap di tong sampah dan mengundang banyak lalat. Untuk itu mencegah hal itu kotoran yang akan kita buang terlebih dahulu kita rebus, setelah itu disaring dan dibungkus dalam kantong plastik dan siap di buang. (Dyah Erlinawati)

Santan kelapa yang kental. Untuk menghemat waktu dalam memeras santan dan menghasilkan santan yang lebih kental ada cara yang mudah dan cepat. Siapkan kelapa parut (dapat di beli di pasar). Ambil 1/4 bagian dan masukkan ke dalam blender beri air secukupnya lalu blender selama 2 menit. Setelah itu di saring dalam wadah. Lakukan dengan cara yang sama untuk sisa kelapa parut yang lain. (Dyah Erlinawati)

Rasa asam pada tahu goreng. Mungkin anda pernah merasakan rasa asam pada tahu goreng. Ada baiknya sebelum digoreng, tahu tersebut direbus sebentar sampai mendidih bersama garam. Air rebusan langsung dibuang agar tidak menyerap di tahu. Bisa juga bila ingin menyimpan tahu untuk diolah keesokan harinya, lakukanlah hal tersebut. Selamat mencoba. (Nery Y.)

Cara menggoreng perkedel kentang agar tidak hancur. Setelah perkedel dibentuk, gulingkan di putih telur. Tiriskan, lalu goreng. Selain perkedel tidak menjadi hancur, bentuknya pun menjadi halus sehingga enak di lihat. Semoga membantu.....
(Renny Saputra)

Kembali ke halaman depan...