globe  

   
 

Pusat tunggu kesiapan operasi Pelabuhan Bojonegara
oleh : Hendra Wibawa JAKARTA (Bisnis): Menhub Jusman Syafii Djamal menyatakan pemerintah pusat masih menunggu kesiapan Pemprov Banten mengenai rencana pengoperasian tahap pertama Pelabuhan Bojonegara, Banten, mulai awal tahun depan.

"Kami masih menunggu paparan Gubernur Banten [Ratu Atut Chosiyah] ke Departemen Perhubungan terkait rencana pengoperasian Pelabuhan Bojonegara," ujarnya.

Menurut dia, Gubernur Banten menjanjikan memaparkan rencana teknis dan strategis Pelabuhan Bojonegara termasuk menjadikan wilayah itu menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

Dephub berharap Pemprov Banten dapat memaparkan rencana teknis dan strategis pelabuhan itu bulan ini guna memastikan kesiapan operasinya.

Banten sebelumnya dinilai Tim Persiapan KEK Nasional memenuhi enam kriteria KEK yaitu komitmen pemerintah pusat dan daerah, tata ruang, lokasi strategis, dukungan infrastruktur, ketersediaan lahan minimal 500 ha, dan memiliki batas alam yang jelas.

Menhub mengakui masih ada kendala teknis yang bakal menghambat operasi Pelabuhan Bojonegara yakni perlengkapan keselamatan pelabuhan dan adanya karang di alur pelabuhan yang bisa mengandaskan kapal.

"Saya sudah memantau ke Bojonegara, dan memang ada informasi karang di dekat kolam pelabuhan," kata Menhub.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Pelindo II Satoto Prayasutiksno sebelumnya menyatakan pihaknya sedang memproses perizinan operasi kepada Dephub untuk mengejar rencana operasi itu.

Rencananya, Pelindo II akan mengoeperasikan dulu dermaga sepanjang 160 m terutama untuk angkutan semikontainer antarpulau. Pengoperasian Pelabuhan Bojonegara telah didukung Pemprov Banten dengan menyiapkan kawasan hinterland di sekitar pelabuhan. (tw)

sumber : http://www.bisnis.com/

 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map