globe  

   
 

Mendiknas & Menristek Resmikan Taman Pintar Yogyakarta
Sabtu, 09 Juni 2007 21:45 WIB

Mendiknas dan Menristek Resmikan Taman Pintar Yogyakarta

YOGYAKARTA--MIOL: Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Bambang Sudibyo dan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Kusmayanto Kadiman meresmikan Gedung Oval dan Gedung Kotak Lantai I, Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu (9/6).

Dalam peremian gedung oval itu juga dibarengi pencanangan Science For All untuk mempopulerkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang asyik, mudah dan menyenangkan.

Gedung oval bagian dari bangunan Taman Pintar yang berisi fasilitas aquarium ekosistem, replika tyrex, pra sejarah, evolusi manusia, sistem tata surya, permukaan bumi, informasi bencana alam, simulasi gempa, simulasi tsunami, kontruksi, komputer dan e-library. Sedangkan gedung kotak merupakan lokasi untuk kegiatan pameran dan Food Court.

Hadir dalam acara peresmian itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Arif Noor Hartanto.

Mendiknas Bambang Subdibyo mengatakan, pembangunan taman pintar diharap bisa ditiru daerah lain. Tujuannya, memfasilitasi anak-anak agar bisa belajar dengan asyik dan menyenangkan.

Saya berharap Taman Pintar bisa menginspirasi dan merangsang munculnya anak yang berhasil menjadi penemu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berkelas dunia, kata Bambang dalam pesannya terhadap pembangunan Taman Pintar.

Area Taman Pintar yang sejuk mendukung anak-anak yang berkunjung dalam bermain dan belajar dengan nyaman. Sehingga Taman Pintar juga bisa menjadi fasilitas anak untuk olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga.

Sementara itu, Menristek, Kusmayanto Kadiman, di gedung oval sempat berdialog dengan puluhan siswa Sekolah Dasar, dengan tema bahasan tentang pemanasan global.

Dia mengawali dengan memberikan tebak-tebakan. Kepada siswa SD tersebut ditanyakan kenapa suara dari loudspeaker di gedung oval tersebut terdengar tidak bagus? Siswa pun antusias menjawab pertanyaan Menristek.

Menristek mengaku senang dengan pembangunan Taman Pintar itu. Dalam goresan pesannya, dia mengharapkan keberadaan Taman Pintar bisa menjadi pintu gerbang bagi anak dan masyarakat untuk masuk ke dunia dengan

semangat science for all. (SO/OL-02).

------------------------------------------- Sumber: Media Indonesia Online
 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map