globe  

   
 

Indosat Tunjuk Thales Alenia Sediakan Palapa D
Penulis: Silvia Wardini JAKARTA--MIOL: PT Indosat Tbk menjalin kerjasama dengan Thales Alenia Space France dalam pengadaan dan peluncuran Satelit Palapa D senilai US$200-300 juta, yang akan mulai diluncurkan pada 2009 mendatang.

Direktur Utama Indosat Johnny Swandi Sjam mengatakan nilai proyek itu meliputi biaya pembuatan satelit, peluncuran, asuransi peluncuran, dan peningkatan kapabilitas stasiun pengendali satelit.

"Indosat akan mendanai proyek satelit Palapa D melalui sumber internal dan eksternal perusahaan," ujarnya usai penandatanganan kerjasama itu di Jakarta, Jumat.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika M Nuh dan Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar.

Ia menjelaskan satelit Palapa D akan menggantikan Satelit Palapa C-2 yang akan berakhir masa operasionalnya pada 2011 di slot 113 derajat bujur timur. Satelit Palapa C-2 sudah beroperasi sejak 1996.

"Berdasarkan platform Thales Alenia Spacebus, satelit Palapa D akan memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan Palapa C-2," tambahnya.

Adapun jangkauannya, lanjutnya, mencakup Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia, Timur Tengah dan Australia.

Satelit ini akan diluncurkan dengan beban 4,1 ton dan tenaga payload sebesar 6,4 kW. "Satelit Palapa D akan dimanfaatkan sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan fata tetap," tambahnya.

Thales Alenia ditunjuk Indosat sebagai mitra melalui proses tender dengan mengundang beberapa mitra potensial yang berpengalaman di bidang pabrikasi dan peluncuran satelit dalam dan luar negeri.

Dalam kesempatan yang sama Menkominfo M Nuh mengatakan pemerintah akan membuat masterplan nasional tentang persatelitan. (CP/OL-03)

Sumber : Media indonesia
 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map