globe  

   
 

IBM Perluas Program untuk UKM

JAKARTA, KCM - Mulai tahun ini, IBM memperluas program yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha kecil mengenah (UKM) memperoleh infrastruktur teknologi informasi dengan biaya terjangkau. Program yang diberi nama Express Advantage itu tidak hanya menawarkan solusi hardware dan software namun juga menyediakan layanan customer service on site yang siap memberikan layanan langsung ke pelanggan.

"Program ini terus berkembang dari tahun ke tahun sejak dilakukan empat tahun lalu. Dari solusi software bundelling, kemudian bundelling software dan hardware, hingga dengan menyediakan customer service," ujar Achirul Djamal, Country Manager Small and Medium Business IBM Indonesia kepada pers di Jakarta, Kamis (21/6). Khusus bagi pelanggan dari program Express Advantage tersedia nomor hotline khusus untuk menghubungi IBM Customer Support Team. 

Program Express Advantage merupakan kelanjutan program Express yang telah dilakukan IBM sejak tahun 2002. Sampai tahun 2004, IBM baru menawarkan solusi aplikasinya yang digabungkan dengan aplikasi buatan sejumlah pengembang software lokal yang siap pakai bagi UKM. Mulai tahun 2005, program ini tidak hanya menawarkan solusi  software tapi sekaligus hardware yang didesain sesuai kebutuhan dan daya beli UKM.

"Kualitas support dari principal merupakan salah satu pertimbangan utama memilih solusi teknologi informasi," ujar Komaruzzaman, IT Manajer Allson Residence, yang menjadi konsumen pada program ini. Layanan on site selama 3 tahun yang ditawarkan IBM dalam program ini menurutnya sangat berguna baginya sebagai penanggung jawab teknologi informasi di apartemen dan hotel yang harus berjalan 24 jam. Pertimbangan lainnya, teknologi server IBM telah terbukti kemampuannya sebagai tulang punggung infrastruktur teknologi informasi.

Dengan solusi hardware dan software yang ditawarkan IBM dan para partner-nya, Komar dapat menyelesaikan migrasi ke sistem yang baru dalam waktu sebulan. IBM System x 3500 Express yang digunakannya dapat dengan cepat mengintegrasikan aplikasi enterprise resource planning (ERP), point of sales (POS), billing, front office, maupun back office. Bahkan, dengan server yang dibangun dengan teknologi x Architecture, mulai saat pengelolaan jaringan dapat dilakukannya dari mana saja melalui internet. Sistem yang baru juga mempercepat reservasi tamu hotel dan pemilik apartemen dengan dukungan layanan berbasis web.

"Sistem x dari IBM menyediakan server kecil hingga server besar untuk UKM. Range produknya cukup banyak sehingga mudah bagi konsumen untuk memilih sesuai kebutuhannya," ujar Andri Pranolo, Branch Manager PT Paradise Cipta Solusi, salah satu partner dalam program tersebut. Teknologi x Architecture yang dikembangkan IBM untuk server-server berdaya tinggi bagi perusahaan-perusahaan besar kini juga dapat dinikmati UKM dari harga 1.000 dollar AS hingga 15.000 dollar AS.

Sampai saat in IBM telah menggandeng 40 hingga 50 partner yang siap menyediakan solusi di berbagai bidang industri dari finansial, retail, perhotelan, dan manufaktur. Menurut Achirul, server IBM untuk pasar UKM telah menjangkau lebih dari 2.500 perusahaan. Ia mengatakan, program Express Advantage merupakan salah satu cara menjangkau pangsa pasar UKM di Indonesia yang menurut Access Market International mencapai 1,6 miliar dollar AS tahun ini.

"Kalau kita dapat 20 persennya saja sudah bagus," ujar Achirul Djamal. Meski demikian, pihaknya tidak menargetkan seberapa besar peningkatan pelanggan dari program ini dan akan terus menambah kerja sama dengan lebih banyak partner.


Penulis: Wah

 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map