globe  

   
 

Indonesia Raih Dua Emas IPhO ke-39

TEMPO Interaktif, Jakarta: Medali emas itu diraih Kevin Winata dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dengan skor 40,73 dan Rudy Handoko Tanin dari SMA Sutomo 1 Medan dengan skor 33,30. 

Sementara itu, Thomas Aquinas Nugraha Budi dari SMAN 78 Jakarta dan Adam Badra Cahaya dari SMAN 1 Jember meraih medali perak. Sedangkan Tyas Kokasih dari SMA Taruna Nusantara, Magelang, mendapat medali perunggu.

Meski hanya meraih dua emas, prestasi tim Indonesia tersebut sangat membanggakan karena perolehan nilai Kevin yang amat tinggi membawa tim asuhan Prof. Yohanes Surya itu berada di peringkat kedua setelah Cina. "Nilai teori maupun eksperimen Kevin tertinggi kedua setelah peserta asal Cina," kata juru bicara TOFI Srisetiowati Seiful, Senin lalu.

Dalam kompetisi bergengsi yang diikuti oleh 82 negara dengan 376 peserta itu, soal-soal teori yang diajukan sangatlah sulit. "Menurut ketua tim Indonesia, Hendra Kwee, sebagian besar siswa tidak berhasil menyelesaikan tes tersebut karena lebih sulit dibandingkan dengan kompetisi sebelumnya," kata Srisetiowati.

Rombongan Indonesia kembali ke tanah air pada Selasa malam. Kelima siswa itu didampingi pemimpin tim yang terdiri dari alumni TOFI, Hendra Kwee dan Kamsul Abraha, dibantu tiga staf lainnya yaitu Muhammad Hikam, Yudistira Virgus, dan Winson Tanputraman.

tjandra | TOFI

Sumber: www.tempointeraktif.com (Senin, 28 Juli 2008)

 

 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map