globe  

   
 

Komputer Meja Berpenyimpan Raksasa
TEMPO Interaktif, Jakarta:

Komputer meja dan laptop berkapasitas penyimpanan setara server bukan lagi mimpi. Hitachi, perusahaan elektronik asal Jepang, telah menciptakan hard-drive berkapasitas 1 hingga 4 terabita (triliun bita) untuk kedua jenis komputer itu.
Prototipe hard-drive itu sudah dipamerkan di Perpendicular Magnetic Recording Conference di Tokyo, Senin lalu. "Kami mengubah arah dan meningkatkan material menjadi properti yang lebih baik," kata John Best, kepala teknologi unit penyimpanan data Hitachi.

Komputer meja yang mengandung hard-drive itu akan berubah menjadi mesin penyimpan berkapasitas raksasa. Betapa tidak, hard-drive berkapasitas 1 terabita saja dapat menyimpan sejuta buku digital, 250 jam video high-definition, dan seperempat juta lagu.

Kapasitas penyimpanan sebesar itu tercipta setelah para peneliti Hitachi mengaplikasikan teknologi giant magnetoresistance (GMR) temuan dua ilmuwan Eropa, Albert Fert dan Peter Grunberg, yang diganjar Hadiah Nobel pada pekan lalu.

Sebuah hard-drive memiliki lempengan cakram logam di dalam yang berputar di bawah lengan dengan head elektromagnetik di ujungnya. Head itu membaca data di cakram dengan meregistrasi pancaran medan magnet di cakram tersebut.

Teknologi GMR yang ditemukan pada 1988 itu melahirkan layer metal pada head yang jauh lebih sensitif sehingga bisa membaca medan magnet paling lemah sekalipun. Walhasil, kapasitas cakram itu bisa ditingkatkan berkali-kali lipat. Sebab, meski risiko sinyal magnetnya bertambah lemah, head berteknologi GMR tak sulit membacanya.

IBM adalah perusahaan yang pertama kali mengadopsi temuan Fert dan Grunberg. Saban tahun mereka meluncurkan komputer yang kapasitas hard-drive-nya ditingkatkan dengan teknologi itu.

Teknologi serupa juga menjadi cikal bakal lahirnya perkakas penyimpanan portabel berkapasitas besar, seperti iPod buatan Apple Inc.

Hitachi, melalui Global Storage Technologies yang didirikan setelah membeli pabrik hard-disk IBM pada Januari 2003, mengadopsi teknologi GMR dan menciptakan material bernama CPP-GMR (current perpendicular-to-the-plane GMR) yang sangat sensitif dan berskala nanometer.

Drive yang umum saat ini biasanya memakai sebuah head magnetoresistance yang terdiri atas layer penyekat yang diapit dua layer magnetik. Elektron bisa menembus sekat ini.

Namun, pada saat densitas area (ukuran sejumlah data yang bisa diperas pada satu inci media) meningkat, ukuran head harus disusutkan. Masalahnya, menyusutkan head meningkatkan resistensi listrik dan menghasilkan electrical noise serta menurunkan performa.

Pada head CPP-GMR, sekat itu dibuang dan digantikan konduktor terbuat dari tembaga. Alih-alih mengalir secara paralel dengan layer tengah, arus listrik mengalir dengan sudut perpendicular (tegak lurus) yang sanggup mengurangi resistensi dan ukuran head bisa disusutkan.

Lewat cara itu, Hitachi telah menciptakan head terkecil di dunia, yang berukuran 30-50 nanometer atau 2.000 kali lebih kecil dari rata-rata selembar rambut manusia.

Head CPP-GMR telah meningkatkan densitas permukaan cakram penyimpan lebih dari 500 gigabita per inci persegi. Saat ini, kebanyakan hard-drive sanggup menangani densitas 200 gigabita per inci persegi. Semakin besar densitas permukaan penyimpan, maka lebih banyak data bisa ditanganinya.

Perangkat komputer buatan Hitachi yang mengandung head berukuran 50 nanometer akan dijual pada 2009. Kabarnya, akan diaplikasikan pada komputer jinjing. Adapun produk yang memakai head berukuran 30 nanometer akan menyusul pada 2011.

John Rydning, analis dari firma riset pasar IDC, mengatakan Hitachi sesungguhnya tak berjalan sendirian. Perusahaan sejenis lainnya juga sedang melakukan riset semacam itu dengan mengaplikasikan teknologi GMR.

Rydning memprediksi semua industri hard-drive akan bergeser ke cakram drive berbasis teknologi GMR mulai 2009. "Ini berarti bahwa industri itu telah melakukan kemajuan dalam meningkatkan kapasitas disk-drive dan bergerak ke faktor bentuk yang lebih kecil," kata Rydning.

DEDDY SINAGA | BBC | AP | COMPUTER WORLD | PCWORLD

BOOKMARK

Hard Drive: Biasanya disebut juga hard disk drive (HDD) atau hard disk. Ini adalah alat penyimpanan non-volatile (tidak mudah menguap) yang menyimpan data digital pada pelat yang berotasi secara cepat. Permukaannya mengandung medan magnetik.

Sumber: www.tempointeraktif.com (Rabu, 17 Oktober 2007)
 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map