Selasa, 19 Desember 2017


   
 

pindah pindah pindah
CA tutup kantor perwakilan di Indonesia
JAKARTA: Perusahaan peranti lunak global Computer Associates (CA) sejak pekan lalu resmi menutup kantor perwakilannya di Indonesia. Meskipun demikian, kegiatan bisnisnya kepada pelanggan tetap berlangsung melalui mitra lokal.

Konfirmasi penutupan kantor perwakilan CA yang berlokasi di gedung Wisma 46 Jakarta itu diberikan oleh mantan eksekutif di perusahaan tersebut yang merujuk pada pernyataan resmi dari kantor regional.

Brenton Smith, Managing Director CA untuk Asia Selatan, dalam pernyataan resminya tidak menyinggung perihal penutupan kantor dan hanya menjelaskan perubahan pada strategi kemitraan di Asia Pasifik dan Jepang.

Dalam pernyataan tersebut, Brenton mengatakan CA secara efektif menerapkan struktur layanan yang menarik keahlian lokal untuk melayani pasar Indonesia, seiring strategi kemitraan CA yang sudah dikembangkan selama bertahun-tahun.

"Pelanggan kami di Indonesia akan terus mendapatkan akses dan dukungan solusi CA, kantor CA APJ [Asia Pasifik Jepang] akan menjaga hubungan erat dengan para mitra untuk menjamin kualitas layanan," tuturnya.

Penutupan kantor perwakilan ini terkesan tiba-tiba karena aktivitas komunikasi pemasaran CA? masih aktif satu pekan sebelumnya.

Sumber lain yang mendapatkan informasi itu menjelaskan keputusan CA itu sudah merupakan keputusan terbaik dan menjadi strategi yang dipertimbangkan dengan hati-hati dari kantor regional. CA tetap memegang komitmen melayani para kliennya melalui mitra di Indonesia maupun dari regional dan berniat memberikan informasi lebih lanjut.

Dampak psikologis

Perubahan model bisnis dan penutupan kantor itu diperkirakan bisa memberikan dampak psikologis, namun di sisi lain bisa menjadi peluang di mana pelayanan bisa tetap berjalan selama CA dapat memberdayakan mitra lokal.

Di Indonesia, CA pernah menjadi mitra bisnis grup Metrodata Electronics di antaranya untuk solusi enterprise melalui PT Mitra Integrasi Informatika (MII) dan distribusi antivirus melalui PT Metrodata e-Business.

Rudy Limiadi, Marketing Manager PT MII, mengatakan CA memiliki banyak pelanggan terutama di segmen enterprise seperti perbankan dan sektor-sektor lainnya dengan portofolio produk dan solusi yang luas namun memiliki kompetitor di setiap area.

Rentang produk CA mencakup peranti lunak dan pelayanan diseluruh operasi, keamanan, penyimpanan, siklus hidup dan manajemen layanan untuk mengoptimalkan kinerja, keandalan dan efisiensi lingkungan TI dengan kisaran harga mulai dari puluhan dolar AS hingga jutaan dolar AS.

Menurut Rudy, penutupan kantor itu tidak berdampak pada Metrodata, karena sejak awal 2007 manajemen Metrodata memutuskan untuk mengakhiri kemitraan setelah melakukan evaluasi.

Sejumlah evaluasi itu menyangkut aspek sumber daya yang harus dialokasikan untuk pelatihan dan sertifikasi, support dan aspek lain dalam menjaga hubungan dengan berbagai prinsipal mengingat Metrodata memiliki cukup banyak produk dan solusi.

"Kami putuskan itu juga karena produk CA overlap dengan produk lainnya," kata Rudy.

Sebelumnya CA telah berupaya mempertajam fokus bisnis melalui strategi Enterprise Information Technology Management (EITM) termasuk mengubah logo dan nama perusahaan menjadi CA saja.

Strategi EITM mencakup seluruh lapisan sistem teknologi informasi, antara lain aplikasi bisnis, sistem database dan storage, peranti lunak penghubung (middleware) di tingkat pengguna akhir maupun infrastruktur.

EITM menganut pendekatan modular terhadap pengelolaan infrastruktur, perusahaan itu sudah meluncurkan 26 produk yang mendukung strategi tersebut sehingga portofolionya membengkak menjadi 85 produk.

Sumber: Oleh Deriz S. Syarief & Roni Yunianto - Bisnis Indonesia (Selasa, 18/09/2007)

 

Pacific Telematika Indonesia
Plaza domain
PInter Wireless
PInter Hosting

http://www.iix.net.id http://www.apjii.or.id


     
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map