globe  

   
 

Penggunaan Ponsel dapat Hilangkan Pendengaran

Sana`a, 4 September 2007 09:16
Penggunaan telepon seluler (ponsel) yang berlebihan dapat menghilangkan pendengaran seseorang, demikian hasil penelitian ilmiah yang dilakukan seorang pakar Arab Saudi.

"Hasil penelitian atas seorang pengusaha selama dua tahun mendapati bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menghilangkan pendengaran," kata Dr Sarei Bin Hamad Ad-Dausari seperti dikutip harian Al-Riyadh, Arab Saudi, akhir pekan lalu.

Menurut ahli tenggorokan, hidung, dan telinga, (THT) itu, seorang pasiennya yang berprofesi sebagai pengusaha dan berumur 42 tahun merasa kehilangan pendengaran di telinga kanan yang selalu digunakan untuk berkomunikasi dengan ponsel.

"Selain itu yang bersangkutan juga merasa sakit dan panas di telinga. Penelitian sebelumnya tak menjelaskan bahwa ponsel dapat menghilangkan pendengaran seperti yang saya teliti selama dua tahun ini," jelas Ad-Dausari.

Pengusaha tersebut, menurut Ad-Dausari. melakukan komunikasi ponsel setiap hari di atas 90 menit dengan menggunakan telinga kanan. Pasien tersebut saat ini mengurangi penggunaan ponsel yaitu hanya 15 menit dalam sehari.

Hasil penelitiannya telah disampaikan ke Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Selain itu ikhtisar (ringkasan) penelitian itu juga telah disiarkan di jurnal informasi medis milik perpustakaan nasional Amerika Serikat (AS), PubMed.

Setelah penyiaran ikhtisar itu, Ad-Dausari mendapat banyak surat elektronik (email) dari pihak-pihak terkait di Eropa dan AS yang meminta hasil penelitian tersebut secara lengkap. [EL, Ant]

Sumber www.gatra.com

 

   
© 2017 .:: Pacific Internet (PInter) Indonesia ::.
Disclaimer | Best viewed 800 x 600 / 1024 x 768 | Site Map